Pengertian dan Fungsi Printer

blogger templates


Printer memiliki fungsi sebagai alat untuk menampilkan data-data lunak dalam komputer menjadi data dalam bentuk cetak keras pada kertas atau media cetak lainnya. Data yang dicetak dari komputer dengan printer bisa berupa tulisan/teks, gambar, grafik dan jenis lainnya.
 
Printer
Printer terdiri dari beberapa alat untuk mendukung proses kerja pencetakan, bagian alat tersebut meliputi dudukan/wadah kertas, penarik kertas (picker) kemudian tinta cetak bisa cair ataupun bubuk/toner. Sesungguhnya tinta cair maupun toner tersebut merupakan bagian inti dari mesin printer. Perbedaan dari penggunaan tinta maupun toner yaitu terletak pada bahan cetaknya, jika tinta berupa cairan tinta sedangkan serbuk/toner berupa tepung lembut dengan sistem cetak pemanasan.

Printer akan bekerja mencetak jika mendapat kiriman perintah dari komputer pengolah data pada chip memori printer untuk mencetak, biasanya penghubung perintah dari komputer pengolah data pada printer menggunakan kabel LPT dan USB, namun saat ini sebagian besar semua printer hanya menggunakan koneksi kabel USB pada konektor USB.

Jenis-jenis printer.  

Jenis printer dari masa ke masa sampai saat ini berupa Dot Matrix, Daisy Wheel, Ink-Jet, Bubble Jet, Chain, Jenis Drum dan Laser printer.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Printer"

Posting Komentar