Pengertian dan Fungsi USB

blogger templates


USB atau singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan perangkat serial penghubung komputer yang bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan tambahan lainnya. Karena sifatnya yang Universal bisa digunakan untuk menghubungkan peralatan tambahan apa saja maka dinamakan dengan Universal Serial Bus.
USB Port


Desain USB sendiri memang dibuat untuk memudahkan user pengguna komputer dalam memasang atau melepas peralatan tambahan pada komputer tanpa perlu mematikan dan membuka CPU komputer kemudian baru menambahkan peralatan tersebut pada slot ISA komputer maupun PCI Slot. Dengan USB kita cukup lepas pasang dengan sangat mudah pada USB Komputer.
USB
Universal Serial Bus dapat menghubungkan berbagai peralatan tambahan pada komputer kita seperti Mouse, Keyboard, Printer, Scanner, Kamera Digital, USB Flashdisk dan peralatan jaringan lainnya seperti Modem dan Lan Card. Saat ini USB sudah menjadi standar pada setiap peralatan elektronik seperti Tape Compact Disk, Handphone, Tape Mobil, Kamera Digital, MP3 Player dll. Saat ini USB memiliki 3 versi yaitu versi 1, 2 dan 3, kemudian apakah perbedaan masing-masing versi tersebut, berikut saya uraikan di bawah ini yang bersumber dari wikipedia :
  • USB versi 1, USB versi pertama dirilis pada tahun 1996.
  • USB versi 2, USB versi 2.0 dirilis 4 Thn setelah versi 1 yaitu Thn 2000. Memiliki perbedaan dari versi sebelumnya pada kecepatan transfer yang jauh lebih baik dan cepat.. Kecepatan transfer data USB V.2.0 dibagi menjadi tiga, Super speed, High Speed, Full Speed dan Low Speed data.
  • USB versi 3, untuk USB versi 3.0 ini dirilis pada tahun 2008. Tentu untuk versi 3.0 ini memiliki kemampuan lebih baik dari pendahulunya. Beberapa perubahan yang ada pada USB 3.0 diciptakan untuk mengikuti peningkatan penggunaan perangkat eksternal dan kebutuhan kecepatan lebih tinggi. USB v 3.0 memiliki kecepatan transfer data mencapai 3.2 Gbps atau 400 MB/second. Kecepatan ini 6 sampai 10x lebih cepat dari maksimal kecepatan USB 2.0. USB 3.0 mengenalkan teknologi transfer data dua arah (full duplex).




4 Responses to "Pengertian dan Fungsi USB"

  1. terima kasih sangat bermanfaat, kunjungi juga gatlingkom, situs ini berisi informasi lengkap mengenai komputer

    BalasHapus
  2. Bermanfaat untuk tambah pengetahuan

    BalasHapus
  3. oke min, makasih banyak sudah share ilmu yang bermanfaat
    solder uap

    BalasHapus